Pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing pada pembuatan gel pembersih wajah dari ekstrak daun lidah buaya (Aloe Vera)

Wulandini, Rani (2019) Pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing pada pembuatan gel pembersih wajah dari ekstrak daun lidah buaya (Aloe Vera). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan hasil pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing pada pembuatan gel pembersih wajah dari ekstrak lidah buaya (A. vera), menganalisis hasil uji kelayakan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing serta mendeskripsikan karakteristik gel pembersih wajah dari ekstrak lidah buaya (A. vera) melalui beberapa pengujian di antaranya uji pH, uji daya bersih, uji viskositas dan uji organoleptis. Metode penelitian dalam pengembangan lembar kerja yaitu metode design based research dimulai dengan tahapan analisis masalah pembelajaran, tahapan pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing, tahapan siklus berulang pada proses validasi lembar kerja dan tahapan refleksi lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing. Prosedur lembar kerja mengikuti hasil penelitian uji fitokimia dan pembuatan gel pembersih wajah dari ekstrak A. vera. Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing, lembar validasi, rubrik penilaian lembar kerja. Hasil penelitian tahapan pengembangan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing valid dan layak digunakan dengan nilai rhitung rata-rata sebesar 0,833. Karakteristik gel pembersih wajah dari ekstrak lidah buaya (A. vera) memiliki kandungan flavonoid, terpenoid, tanin, dan polifenol, aroma sesuai dengan essensial yang ditambahkan, tekstur lembut, berbentuk gel, kekentalan dengan viskositas sebesar 1624 cP, warna putih keruh, terasa tidak panas, tidak berbuih memiliki pH 5 sesuai dengan SNI 2588: 2017, homogen, stabil pada penyimpanan satu minggu, 0,20 mL gel mampu membersihkan noda foundation wajah sebanyak 0,02 mL. Hal ini menunjukkan bahwa gel pembersih wajah dari ekstrak Aloe vera layak digunakan dan dapat diterapkan pada lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak lidah buaya (A. vera); gel pembersih; inkuiri terbimbing; lembar kerja;
Subjects: Organic Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rani Wulandini
Date Deposited: 10 Jul 2019 01:50
Last Modified: 10 Jul 2019 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/21600

Actions (login required)

View Item View Item