Sunandar, Sunandar (2019) Penerapan metode Question Student Have (QSH) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hubungannya dengan motivasi belajar peserta didik : Penelitian di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 16 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
Abstract
SUNANDAR: Penerapan Metode Questions Student Have (QSH) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik (Penelitian di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 16 Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi pada kegiatan pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik kurang mampu berinteraksi dengan peserta didik lain maupun dengan guru, peserta didik masih enggan bertanya dan menyampaikan pendapatnya dalam pembelajaran dan kurang antusias dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Alhasil kondisi ini menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Realitas penerapan metode Question Student Have (QSH) (2) Realitas motivasi belajar peserta didik (3) Realitas hubungan antara penerapan metode Question Student Have (QSH) dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya penggunaan metode pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara penggunaan metode Questions Student Have (QSH) dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel X (penerapan metode Questions Student Have (QSH) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (motivasi belajar peserta didik). Dalam penelitian ini ada dua hipotesis yang digunakan, yaitu hipotesis nol (H0) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan antara variabel X (penerapan metode Questions Student Have (QSH) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (motivasi belajar peserta didik), dan hipotesis alternatif (Ha) yaitu hipotesis yang menyatakan adanya hubungan antara variabel X (penerapan metode Questions Student Have (QSH) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (motivasi belajar peserta didik). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Penerapan metode Question Student Have (QSH) adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 59,31 jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 3,95 termasuk kategori tinggi, karena berada pada skala 3,50-4,50, artinya penerapan metode Question Student Have (QSH) berkategori tinggi. (2) Motivasi belajar peserta didik adalah berdistribusi normal. Untuk penafsirannya dilihat dari nilai meannya yaitu 56,98, jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 3,79 termasuk kategori tinggi, karena berada pada skala 3,50-4,50, artinya motivasi belajar berkategori tinggi. (3) Realitas hubungan antara kedua variabel tersebut adalah 0,40, angka tersebut termasuk pada korelasi sedang atau cukup karena pada interval 0,40-0,70. Dan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan hasil thitung 2,43 > ttabel 0,334. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada hubungan positif antara variabel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 16%. Maka ada 84% faktor dari luar yang mempengaruhi motivasi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Question Student Have; motivasi belajar; pendidikan agama islam |
Subjects: | Religious Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sunandar Sunandar |
Date Deposited: | 15 Jul 2019 03:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2019 03:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/21658 |
Actions (login required)
View Item |