Pengaruh penerapan metode Card Sort terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMPN 56 Bandung kelas VIII semester genap

Nurajizah, Ulfia (2019) Pengaruh penerapan metode Card Sort terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian di SMPN 56 Bandung kelas VIII semester genap. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melihat pada permasalahan-permasalahan yang terjadi pada siswa ketika pembelajaran PAI berlangsung seperti siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena muncul rasa bosan dengan metode pembelajaran yang monoton, serta aktivitas belajar siswa pun masih rendah karena sebagian siswa tidak mengikuti pembelajaran dengan baik seperti mengobrol pada saat guru menjelaskan dan sering keluar masuk kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penerapan metode Card Sort pada mata pelajaran PAI, 2) aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan metode Card Sort, 3) pengaruh penerapan metode Card Sort terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih metode pembelajaran Card Sort tipe metode ini cenderung memunculkan aktivitas belajar siswa karena guru hanya sebagai fasilitator dan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen desain nonequivalent control group design dengan sampel berjumlah 32 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Proses penerapan metode Card Sort termasuk pembelajaran aktif yang dimulai dari setiap peserta didik diberi potongan kertas yang berisi informasi atau contoh yang tercakup dalam satu atau lebih kategori, siswa diminta untuk bergerak dan berkeliling didalam kelas untuk menemukan kartu dengan kategori yang sama, peserta didik dengan kategori yang sama diminta untuk mempresentasikan kategori masing-masing di depan kelas, seiring dengan presentasi dari tiap-tiap kategori berikan poin penting terkait materi pelajaran. 2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menerapkan metode Card Sort di kelas VIII A SMPN 56 Bandung memiliki rata-rata pretest sebesar 54,34 dan posttest sebesar 60,93. Kemudian pada uji homogenitas posttest diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,77 < 1,84. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua varian. 3) Pengaruh penerapan metode Card Sort terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 56 Bandung dengan taraf signifikasi 5% mendapatkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa Thitung 3,33 > Ttabel 1,66901, maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Card Sort memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Kemudian pada analisis N-Gain diperoleh skor N-Gain kelas eksperimen yang menggunakan metode Card Sort hasilnya yaitu 0,31 termasuk dalam kategori sedang, dan skor N-Gain kelas kontrol yang tidak menggunakan metode Card Sort hasilnya yaitu 0,12 termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian penerapan metode Card Sort memberikan pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Card Sort; Aktvitas Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfia Nurajizah
Date Deposited: 23 Jul 2019 01:39
Last Modified: 23 Jul 2019 01:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22020

Actions (login required)

View Item View Item