Penerapan pembelajaran picture and picture dengan teknik probing prompting untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII di SMPN 2 Cileunyi

Dwijayanty, Tessya Noorachmi (2019) Penerapan pembelajaran picture and picture dengan teknik probing prompting untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII di SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (b) perbedaan peningkatan sikap disposisi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (c) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan 64 orang siswa, yaitu 34 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (b) terdapat perbedaan peningkatan sikap disposisi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (d) hambatan dan kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa diantaranya seperti siswa tidak menguasi materi prasyarat sehingga menghambat siswa dalam menyelesaikan soal, akan tetapi dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsy dan Bruner sehingga pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Picture and Picture; Teknik Probing Prompting; Kemampuan Pemahaman Matematis; Disposisi Matematis;
Subjects: Education > Statistic of Education
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Tessya Noorachmi
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:55
Last Modified: 22 Jul 2019 03:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22041

Actions (login required)

View Item View Item