Dwijayanty, Tessya Noorachmi (2019) Penerapan pembelajaran picture and picture dengan teknik probing prompting untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelas VII di SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman matematis siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (b) perbedaan peningkatan sikap disposisi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (c) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman matematis melalui pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan melibatkan 64 orang siswa, yaitu 34 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (b) terdapat perbedaan peningkatan sikap disposisi matematis siswa antara yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting dan konvensional; (d) hambatan dan kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa diantaranya seperti siswa tidak menguasi materi prasyarat sehingga menghambat siswa dalam menyelesaikan soal, akan tetapi dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsy dan Bruner sehingga pembelajaran Picture and Picture dengan teknik Probing Prompting efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Picture and Picture; Teknik Probing Prompting; Kemampuan Pemahaman Matematis; Disposisi Matematis; |
Subjects: | Education > Statistic of Education Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Tessya Noorachmi |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:55 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22041 |
Actions (login required)
View Item |