Perbandingan Algoritma Support Vector Machinedan C4.5 untuk identifikasi hama dan penyakit pada tanaman cabai. (Studi Kasus Perkebunan Desa Cintarasa)

Azis Alfauzi, Abdul (2018) Perbandingan Algoritma Support Vector Machinedan C4.5 untuk identifikasi hama dan penyakit pada tanaman cabai. (Studi Kasus Perkebunan Desa Cintarasa). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
5_daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
8_bab 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
9_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
10_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
11_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
12_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Pertanian adalah kegiatan manusia dalam pemanfaatan sumber daya hayati untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pertanian dalam arti luas adalah semua yang mencakup kegiatan pertanian (tanaman pangan dan hortikultura), perkebunan, kehutanan, dan peternakan, perikanan. Pertanian dalam arti sempit adalah suatu budidaya tanaman ke dalam suatu lahan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Masalah dalam pertanian tidak jauh dengan adanya hama dan penyakit.Salah satu pemodelan yang bisa digunakan untuk identifikasi hama dan penyakit yaitu dengan Data Mining.Pemanfaatan teknik data mining diharapkan dapat membantu dalam identifikasi hama dan penyakit pada tanaman cabai. Pada penelitian ini membandingkan teknik klasifikasi dari kinerja metode Support VectorMachine dan C4.5. Atribut yang digunakan terdiri dari Daun, Batang, dan Buah. Dengan menggunakan masing-masing data training dan data testing sebanyak 30 data. Hasil dari penelitian yang dilakukan, berdasarkan dari nilai akurasi SVM yaitu 82,33% dan C4.5 89,29%% .Hasil akhir dari penelitian ini adalah akurasi metode C4.5 lebih baik. Agriculture is a human activity in the utilization of biological resources to produce food, industrial raw materials, or energy sources, and to manage the environment. And Definition of Agriculture in the broadest sense are all that includes agricultural activities (food crops and horticulture), plantations, forestry, and livestock, fisheries. Agricultural Agriculture in the narrow sense is a cultivation of crops into a land aimed at fulfilling human needs. Problems in agriculture are not far away with the existence of Pests and Diseases. One of the modeling that can be used for Pest and Disease Identification is Data Mining. The utilization of data mining techniques is expected to help in Identifying Pests and Diseases in Chili Plants. This study compares classification techniques from the performance of methods Support VectorMachine and C4.5. The attributes used consist of Leaves, Stems, and Fruits. By using each training data and testing data as much as 30 data. The results of the research were carried out, based on the accuracy value of Support Vector Machine which is 82,33% compared to C4.5 89,29%. The final result of this research is the methods C4.5 better than SVM Methode.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Data Mining; Perbandingan Algoritma; Support Vector Machine (SVM); C4.5;
Subjects: Plant Injuries > Insect Pests
Orchard, Fruits
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Abdul Aziz Alfauzi
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:33
Last Modified: 22 Jul 2019 06:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item View Item