Janah, Endang Miftahul (2019) Pembuatan E-Module berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning pada konsep Termokimia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (376kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil validasi dan uji kelayakan e-module pembelajaran pada konsep Termokimia berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Design Based Research (DBR) yang berlandaskan pada pengembangan materi pendidikan berupa produk yang dapat menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-module berbasis POGIL pada konsep termokimia yang meliputi tahapan orientasi, eksplorasi, pembentuk konsep, aplikasi, dan penutup. Dari tahapan POGIL ini bertujuan agar siswa mampu menemukan sendiri arah dan tindakan – tindakan yang harus dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang diberikan guru. Tahapan dari penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu persiapan, pengembangan dan peyusunan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara uji validasi terhadap tiga orang validator dan uji kelayakan terhadap sepuluh orang mahasiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji validasi, seluruh kriteria penilaian terhadap aspek penyajian materi, aspek evaluasi dan aspek tampilan dinyatakan valid dengan rata-rata nilai rhitung yaitu antara 0,71 -0,73. Sedangkan berdasarkan uji kelayakan, modul elektronik berbasis POGIL pada konsep termokimia diperoleh persentase kelayakan aspek penyajian materi 98%, aspek evaluasi 100% serta aspek tampilan dan navigasi 92% sehingga modul elektronik dapat dikategorikan sangat layak dan siap digunakan sebagai sumber belajar pada konsep termokimia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-module; termokimia; process oriented guided inquiry learning |
Subjects: | Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Endang Miftahul Janah |
Date Deposited: | 31 Jul 2019 06:39 |
Last Modified: | 31 Jul 2019 06:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22337 |
Actions (login required)
View Item |