Penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan aplikasi construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa di Kelas VIII SMPN 17 Bandung

Shiddiq, Nurul Fauziah (2019) Penerapan model Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan aplikasi construct 2 untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa di Kelas VIII SMPN 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (635kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 17 Bandung. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah dengan menerapkan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan bantuan aplikasi Construct 2. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara siswa yang menggunakan model POE bantuan aplikasi Construct 2 dengan pembelajaran konvensional pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang menggunakan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan bantuan aplikasi Construct 2 dengan pembelajaran konvensional. Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan Model POE (Predict-Observe-Explain) dengan bantuan aplikasi Construct 2. Pembelajaran Model POE (Predict-Observe-Explain) melibatkan proses interaksi, temuan, adu gagasan, dan proses reflektif sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Model POE; Aplikasi Construct 2;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fauziah Shiddiq
Date Deposited: 06 Aug 2019 01:52
Last Modified: 06 Aug 2019 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item