Muhimatul Khoiroh, Fitri Febrianti (2019) Youtube sebagai media Dakwah: Analisis Framing video Living With Muslim with Tommy Limm dalam Channel Youtube Film Maker Muslim. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
Dakwah saat ini telah mengalami perubahan dari metode penyampaian dan media yang digunakan. Komunitas Film Maker Muslim, sebuah komunitas sekaligus sineas film yang berfokus pada karya-karya religi berupa film pendek yang disebar melalui channel Youtube dan media sosial lainnya. Sebuah video di produksi dengan judul “Living With Muslim With Tommy Limm” dengan gendre vlog religi berhasil menarik perhatian masyarakat menganai perbedaan agama dalam tujuan dakwah lewat entertain. Kemunculannya ditengan banyak video yang di produkasi menjadi hal yang harus di teleti baik secara makna ataupun produksinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pembingkaian media yang dilakukan komunitas Film Maker Muslim terhadap Video Living With Muslim With Tommy Limm dalam channel youtube Film Maker Muslim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan metode framing. video sebagai referensi wacana keilmuan dakwah terutama dalam bidang I‟lam yang bisa mejadi referensi yang mendukung penyebaran nilai-nilai islam Penelitian ini menggunakan Youtube sebagai sasaran penelitiannya, dengan proses pengolahan data, menggunakan metode analisis framing untuk melihat bagaimana sebuah media dapat mengkontruksikan pesan kepada khalayak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi serta konsep Robert N.Entman dalam menganalisis data. Hasil penetlitian ini menunjukan bahwa adanya pembingkaian media yang dilakukan oleh komunitas Film Maker Muslim terhadap video Living With Muslim With Tommy Limm. Dalam memframe pesan Islam atau dakwah dalam video Living With Muslim With Tommy Limm dalam channel youtubenya, Film Maker Muslim menggunakan strategi pendekatan sosial. Pemilihan isu juga terlihat dalam ranah sehari-hari yang berkaitan dengan kehidupan beragama atau antar agama dalam pandangan masyarakat. Kontribusi Tommy Limm dengan melihat latar belakangnya dalam video tersebut menjadikan video ini lebih menarik dan menjadi perhatian masyarakat banyak dalam penyampaian dakwahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Youtube;Media;Dakwah |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | fitri febrianti |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 06:30 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22487 |
Actions (login required)
View Item |