Purnamasari, Intan (2015) Pengaruh model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi : penelitian di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
Abstract
Keberhasilan dalam proses belajar mengajar adalah terpenuhinya aspek efektivitas belajar siswa. Pembelajaran yang monoton, berpusat pada guru, akan cenderung pasif dan membuat siswa tidak mampu mengembangakan pengalaman belajarnya. Berdasarkan pada studi pendahuluan, bahwa seluruh aktivitas belajar siswa berlangsung konvensional menyebabkan siswa kurang minat dan semangat belajar, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang cenderung membosankan saat proses pembelajaran berlangsung. Seperti hal nya ketika siswa sedang belajar menulis karangan narasi, guru hanya memberikan tema saja, tanpa memberiakn stimulus terlebih dahulu agar siswa mempunyai imajinasi yang lebih berkembang lagi, akibatnya hasil karangan siswa tidak mencapai hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruhi penerapan model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Model pembelajaran Imajinatif mengupayakan belajar yang interaktif, dan mampu menstimulus siswa agar mengembangkan imajinasinya lebih baik lagi, model pembelajaran ini berpusat pada siswa, dan guru membimbing siswa. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Imajinatif dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas V MI Nurul Hikmah Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen tentang pengaruh penerapan model pembelajaran imajinatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis narasi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design¸dengan instrumen penelitian berupa lembar soal. Responden penelitian terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran imajinatif memiliki nilai rata-rata 79,85 dibadingkan sebelum pembelajaran yaitu 47 Sedangkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 52,5 dibandingkan sebelum pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 43,5. Sehingga hasil penelitian antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil belajar yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran imajinatif; menulis narasi; bahasa indonesia |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education Grammar, Sentences, Syntax, Word Order |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ilham Nurfauzi |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:00 |
Last Modified: | 25 Aug 2020 02:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22624 |
Actions (login required)
View Item |