Fadhilah, Nisa Rahmi (2019) Penerapan model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Reflect) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Efficacy siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
Abstract
Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Efficacy siswa adalah menggunakan model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Reflect). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dan pembelajaran konvensional (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model MASTER dengan model konvensional (c) sikap Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model MASTER. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan VIII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis, dan lembar skala sikap Self Efficacy. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dengan pembelajaran konvensional, dan (3) Self Efficacy siswa positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model MASTER. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsy, dan Dewey dalam model pembelajaran MASTER sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self efficacy siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran MASTER; Pemahaman Matematis; Self Efficacy |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nisa Rahmi Nisa Nisa |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 02:22 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/22967 |
Actions (login required)
View Item |