Penerapan model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Reflect) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Efficacy siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi

Fadhilah, Nisa Rahmi (2019) Penerapan model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Reflect) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Efficacy siswa: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan Self Efficacy siswa adalah menggunakan model pembelajaran MASTER (Mind, Acquire, Search out, Trigger, Exhibit, Reflect). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dan pembelajaran konvensional (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model MASTER dengan model konvensional (c) sikap Self Efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model MASTER. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen berbentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan VIII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis, dan lembar skala sikap Self Efficacy. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dan pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran MASTER dengan pembelajaran konvensional, dan (3) Self Efficacy siswa positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model MASTER. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsy, dan Dewey dalam model pembelajaran MASTER sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self efficacy siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran MASTER; Pemahaman Matematis; Self Efficacy
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nisa Rahmi Nisa Nisa
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:22
Last Modified: 30 Aug 2019 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item