Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran advance organizer dan M-APOS (Modification, Action, Process, Object and Schema): Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII SMPN 46 Bandung

Rohimah, Siti (2017) Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran advance organizer dan M-APOS (Modification, Action, Process, Object and Schema): Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII SMPN 46 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Advance Organizer, M-APOS dan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, didapat kelas VIII-C, VIII-E dan VIII-F. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Advance Organizer; (b) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran M-APOS; (c) perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (d) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran Advance Organizer; (e) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran M-APOS. Pengambilan data menggunakan instrumen penelitian berupa tes yaitu soal pemahaman matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Setelah dilaksanakan penelitian, kemudian data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru terdapat peningkatan menjadi sangat baik; (b) Hasil analisis gain ternomalisasi menggunakan uji ANOVA terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman siswa antara yang memperoleh pembelajaran Advance Organizer, M-APOS dan pembelajaran konvensional; (c) Berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang diperoleh dari pengisian angket skala sikap, sebagian siswa memberikan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan M-APOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer; M-APOS; pemahaman matematis;
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 27 Aug 2019 01:55
Last Modified: 27 Aug 2019 01:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/23128

Actions (login required)

View Item View Item