Komarudin, Acep (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran Mastery Learning terhadap disiplin dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas X SMA Al-Islam Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (565kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Model pembelajaran mastery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran individual, dengan tujuan bagaimana setiap peserta didik mampu menguasai seluruh materi yang di berikan. Oleh karena itu untuk mencapai hal tersebut penghargaan terhadap bakat setiap individu sangat di utamakan, dalam hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari satu materi pelajaran sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, hal itu terkait dengan kemampuan setiap siswa untuk menguasai satu meteri pelajaran berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran mastery learning terhadap disiplin belajar siswa, untuk mengetahui pengeruh penerapan model pembelajaran mastery learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam, untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap disiplin dan prestasi belajaran siswa pada mata pelajaran agama Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode survei. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi, angket, dan tes. Adapun analisis datanya menggunakan rumus linieritas ganda dan koefisien korelasi ganda. Dari hasil perhitungan diketahui Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap disiplin belajar siswa menunjukan korelasi sedang, dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,55 dan besarnya pengaruh mencapai 17%. Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam menunjukkan korelasi sangat kuat, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,85, dan besarnya pengaruh sebesar 48%. Hubungan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam menunjukkan adanya hubungan yang sedang, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,49, dan besarnya hubungan mencapai 13%. Pengaruh model pembelajaran mastery learning terhadap disiplin belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran agama Islam menunjukkan korelasi sangat kuat, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,85, sedangkan besarnya pengaruh mencapai 48%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Mastery Learning; Disiplin; Prestasi; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 01:02 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
View Item |