Trisna, Muhammad Yogi (2019) Efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fikih: Penelitian terhadap Siswa kelas VIII di MTs Husainiyah Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (360kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa tingkat kognitif sebagian siswa pada mata pelajaran fikih materi menganalisis ketentuan halal-haram makanan dan minuman di kelas VIII MTs Husainiyah Cicalengka masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang masih dominan berpusat pada guru, oleh sebab itu maka penyusun memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran yang beorientasi pada keaktifan siswa salah satunya yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching (RT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas Penerapan Model Pembeajaran RT terhadap Peningkatan Kognitif Siswa; (2) Realitas Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran RT; (3) Realitas Efektivitas Model Pembelajaran RT terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran fikih dapat tingkatkan melalui efektivitas beberapa model pembelajaran, antara lain efektivitas model pembelajaran RT. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah efektivits model pembelajaran RT dapat meningkatkan kemampuan kogitif siswa pada mata pelajaran fikih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi, tes yang berupa pretest dan posttest, wawancara dan studi dokumen. Berdasarkan Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Realitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kognitif Siswa berkategori sangat baik. Hal ini berdasarkan pada penilaian observasi yaitu sebesar 92,8%. (2) Realitas Kognitif Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki peningkatan. Hal ini berdasarakan pada peningkatan rata-rata hasil belajar yang awalnya 74 menjadi 90; (3) Realitas Efektivitas Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa menunjukan bahwa ada perbedaan anatar hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran RT dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berdasarkan pada peningkatan siswa dengan taraf signifikansi 5% menunjukan hasil thitung 5,84 > ttabel 2.02 H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan antara model pembelajaran RT dengan konvensional. Kemudian hasil pembelajaran dengan model RT hasil N-Gain berkategori cukup efektif. Hal ini berdasarkan perhitungan N-gain score sebesar 60%. Dengan nilai score minimal 0,00% dan maksimal 100.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Reciprocal Teaching; Kognitif; Peningkatan Kognitif |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Yogi Trisna |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 08:26 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 08:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23768 |
Actions (login required)
View Item |