Ummah, Vina Najiatul (2019) Penerapan pembelajaran Osborn Parne berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self esteem siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (609kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pembelajaran menggunakan Osborn Parne berbantuan geogebra menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis; b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) level tinggi, sedang dan rendah siswa; (c) sikap self esteem siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Osborn Parne; (d) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cileunyi kelas VIII G dan kelas VIII H menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis; (b) hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang menggunakan Osborn Parne berbantuan geogebra dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (c) sikap self esteem siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Osborn Parne sebagian besar memberikan respon positif; (d) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis di minimalisir dengan pemberian soal-soal non rutin. Dengan demikian, pembelajaran Osborn Parne berbantuan geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Osborn Parne berbantuan Geogebra; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Self Esteem; |
Subjects: | Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Vina Najiatul Ummah |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 08:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24789 |
Actions (login required)
View Item |