Penerapan pembelajaran Osborn Parne berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self esteem siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi

Ummah, Vina Najiatul (2019) Penerapan pembelajaran Osborn Parne berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self esteem siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Pembelajaran menggunakan Osborn Parne berbantuan geogebra menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis; b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) level tinggi, sedang dan rendah siswa; (c) sikap self esteem siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Osborn Parne; (d) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Cileunyi kelas VIII G dan kelas VIII H menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis; (b) hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara yang menggunakan Osborn Parne berbantuan geogebra dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan pembelajaran dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (c) sikap self esteem siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Osborn Parne sebagian besar memberikan respon positif; (d) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal berpikir kreatif matematis di minimalisir dengan pemberian soal-soal non rutin. Dengan demikian, pembelajaran Osborn Parne berbantuan geogebra efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Osborn Parne berbantuan Geogebra; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Self Esteem;
Subjects: Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Vina Najiatul Ummah
Date Deposited: 03 Oct 2019 08:12
Last Modified: 03 Oct 2019 08:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/24789

Actions (login required)

View Item View Item