Fauziaturohmah, Nidia (2019) Profil metakognitif siswa melalui metacognitive learning cycle 5E (Engagement Exploration Explanation Elaboration Evaluation) pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
Abstract
Metacognitive Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif dan setiap siklusnya selalu dipantau metakognitif siswa. Setiap siswa memiliki profil metakognitif yang berbeda-beda. Metakognitif dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan menganalisis profil metakognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Sampel dua kelas yaitu X MIA B sebagai kelas kontrol dan X MIA C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dengan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa sebesar 90.5%. Profil metakognitif siswa tanpa menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata 72.82 dengan kriteria baik dan indikator pemantauan pemahaman memiliki nilai rata-rata paling tinggi sebesar 76.85. Profil metakognitif siswa dengan menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E memiliki nilai rata-rata 75.38 dengan kriteria baik dan indikator strategi koreksi memiliki nilai rata-rata paling tinggi sebesar 77.78. Hasil tes akhir menunjukkan thitung = 1.097 < ttabel = 2.010, sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara profil metakognitif siswa pada kelas menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E dengan kelas tanpa menggunakan Metacognitive Learning Cycle 5E.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Metakognitif Siswa; Metacognitive Learning Cycle 5E; Perubahan Lingkungan; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nidia Fauziaturohmah |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 08:23 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24914 |
Actions (login required)
View Item |