Pengaruh aktivitas shalat berjamaah di sekolah dan kedisiplinan belajar terhadap kecerdasan emosional siswa di SD Muhammadiyah 5 Garut Kota

Musyarrofah, Ulfah (2016) Pengaruh aktivitas shalat berjamaah di sekolah dan kedisiplinan belajar terhadap kecerdasan emosional siswa di SD Muhammadiyah 5 Garut Kota. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dimuali dari pengamatan awal yang dilakukan di SD Muhammadiyah 5 Garut Kota yang dalam proses pembelajrannya terdapat beberapa inovasi diantaranya yaitu adanya aktivitas shalat berjamaah di sekolah yang dilaksanakan pada waktu dhuha, dhuhur dan ashar. Selain itu, kedisiplinan belajar disedkolah ini pun cukup tinggi, akan tetapi terdapat beberapa masalah berkenaan dengan kecerdasan emosional siswanya. Diantaranya yaitu keadaan siswanya yang kurang bisa mengendalikan dirinya ketika dia marah, masih terdapat siswa yang mengucapkan kata-kata kasar dan kotor, berkelahi dengan teman dan melanggar aturan yang berlaku di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai hubungan antara kreativitas guru dan kemampuan mengelola kelas dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dan memperluas wawasan bagi Guru PAI, orangtua dan siswa, tentang kreativitas guru, kemampuan mengelola kelas dan prestasi belajar siswa. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah dengan adanya kreativitas guru dan kemampuan mengelola kelas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis statistika menggunakan software SPSS versi 16. Pengumpulan data yang digunakan diantaranya dengan observasi, studi dokumentasi, angket, dan wawancara. Angket ini dibagikan kepada siswa sebagai responden dari variabel X1, X2, dan untuk variabel Y diambil dari nilai tes formatif siswa yang dilakukan oleh sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Terdapat pengaruh dari aktivitas shalat berjamaah di sekolah terhadap kecerdasan emosional siswa sebesar 11,22 % dan angka tersebut termasuk kategori sangat rendah. 2) Terdapat pengaruh dari kedisiplinan belajar terhadap kecerdasan emosional siwa sebesar 34,69% dan angka tersebut termasyuk kategori rendah. 3) Terdapat pengaruh aktivitas shalat berjamaah dan kedisplinan belajar siswa terhadap kecerdasan emosional siswa 35,16% dan anfgka tersebut termasuk kategori rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Shalat Berjamaah; Kedisiplinan Belajar; Kecerdasan Emosional Siswa; SD Muhammadiyah 5 Garut Kota
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah musyarrofah
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:56
Last Modified: 11 Jan 2022 08:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item