Pendidik perspektif Shahih al-Bukhari : Telaah kitab Shahih al-Bukhari

Ridwan, Wawan (2019) Pendidik perspektif Shahih al-Bukhari : Telaah kitab Shahih al-Bukhari. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
I Cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1 w.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3 w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4 w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
bab 5 w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAK)
daftar pustaka .pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian orang beranggapan bahwa hadits itu hanya berbicara mengenai masalah hukum saja, seperti; hukum shalat, puasa, haji, zakat, amar ma’ruf nahyi munkar, berlaku adil dan yang lainnya. Padahal kalau kita mencari, mengkaji dan menganalisa ternyata hadits juga berbicara mengenai pendidikan dalam hal ini pendidik. Tesis ini bertujuan untuk meneliti konsep pendidik dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari. Penelitian ini perlu dilakukan, mengingat permasalahan di atas dan juga masih adanya sebagian pendidik pada hari ini, kurang layak dijadikan sebagai teladan yang baik oleh peserta didiknya, karena jauhnya mereka dari nilai dan akhlak islami yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits yang seharusnya dimiliki oleh pendidik. Di samping itu, banyak pemahaman yang keliru tentang keberadaan tugas dan tanggung jawab pendidik, terutama pendidik dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) karena yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab hadits, yaitu Shahih al-Bukhari oleh Muhammad ibn Isma‘il al-Bukhari. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data-data tekstual, yaitu hadits-hadits tentang pendidik yang ada dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari dengan interpretasi hadits dari ulama hadits. Adapun metode pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deduktif (deductive approach) dan pendekatan induktif (inductive approach). Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa di dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari terdapat dua keutamaan bagi pendidik, yaitu mendapatkan ganjaran pahala dan seorang pendidik adalah manusia yang bermanfaat sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Burdah, dari ayahnya yaitu Abu Musa al-Asy’ari. Terdapat juga di dalamnya hadits tentang tugas pendidik, yaitu mendidik sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sulaiman Malik ibn al-Huwairi, dan Tazkiyah sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Akhlak pendidik dalam kitab Shahih al-Bukhari adalah: 1. Ikhlas karena Allah, 2. Takwa, 3. Berilmu, 4. Konsekuen, 5. Lemah lembut dan kasih saying, 6. Memperhatikan keadaan peserta didik, 7. Jujur dalam perkataan dan perbuatan, 8. Sabar, 9. Tawadu‘, 10. Adil, 11. Bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perspektif Shahih al-Bukhari; Telaah kitab;al-Bukhari;
Subjects: Education, Research
Education
Education > Ethical Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wawan Ridwan
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:57
Last Modified: 13 Jan 2022 08:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25150

Actions (login required)

View Item View Item