Ridwan, Wawan (2019) Pendidik perspektif Shahih al-Bukhari : Telaah kitab Shahih al-Bukhari. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
I Cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS1.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab 1 w.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2 w.pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
bab 3 w.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
bab 4 w.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
bab 5 w.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAK)
daftar pustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagian orang beranggapan bahwa hadits itu hanya berbicara mengenai masalah hukum saja, seperti; hukum shalat, puasa, haji, zakat, amar ma’ruf nahyi munkar, berlaku adil dan yang lainnya. Padahal kalau kita mencari, mengkaji dan menganalisa ternyata hadits juga berbicara mengenai pendidikan dalam hal ini pendidik. Tesis ini bertujuan untuk meneliti konsep pendidik dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari. Penelitian ini perlu dilakukan, mengingat permasalahan di atas dan juga masih adanya sebagian pendidik pada hari ini, kurang layak dijadikan sebagai teladan yang baik oleh peserta didiknya, karena jauhnya mereka dari nilai dan akhlak islami yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadits yang seharusnya dimiliki oleh pendidik. Di samping itu, banyak pemahaman yang keliru tentang keberadaan tugas dan tanggung jawab pendidik, terutama pendidik dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) karena yang dijadikan objek kajian adalah karya literatur berupa kitab hadits, yaitu Shahih al-Bukhari oleh Muhammad ibn Isma‘il al-Bukhari. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data-data tekstual, yaitu hadits-hadits tentang pendidik yang ada dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari dengan interpretasi hadits dari ulama hadits. Adapun metode pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deduktif (deductive approach) dan pendekatan induktif (inductive approach). Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa di dalam kitab hadits Shahih al-Bukhari terdapat dua keutamaan bagi pendidik, yaitu mendapatkan ganjaran pahala dan seorang pendidik adalah manusia yang bermanfaat sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Burdah, dari ayahnya yaitu Abu Musa al-Asy’ari. Terdapat juga di dalamnya hadits tentang tugas pendidik, yaitu mendidik sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Sulaiman Malik ibn al-Huwairi, dan Tazkiyah sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Akhlak pendidik dalam kitab Shahih al-Bukhari adalah: 1. Ikhlas karena Allah, 2. Takwa, 3. Berilmu, 4. Konsekuen, 5. Lemah lembut dan kasih saying, 6. Memperhatikan keadaan peserta didik, 7. Jujur dalam perkataan dan perbuatan, 8. Sabar, 9. Tawadu‘, 10. Adil, 11. Bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perspektif Shahih al-Bukhari; Telaah kitab;al-Bukhari; |
Subjects: | Education, Research Education Education > Ethical Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wawan Ridwan |
Date Deposited: | 14 Oct 2019 03:57 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 08:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25150 |
Actions (login required)
View Item |