Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMA pada materi kalor: Penelitian pengembangan di Kelas XI MA Persis 31 Banjaran

Ganjari, Anisa Siti (2019) Pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik di SMA pada materi kalor: Penelitian pengembangan di Kelas XI MA Persis 31 Banjaran. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik; dan (2) menganalisis peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi kalor setelah menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Research and Development (R&D) tipe ADDIE. Tahapan penelitian ini terdiri dari tahap analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik MA Persis 31 Banjaran kelas XI B. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar wawancara tidak terstruktur, lembar validasi LKPD, angket keterbacaan LKPD, lembar soal pretest dan posttest, dan LKPD yang terintegrasi dengan teknik penilaian AABTLT. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing adalah menggunakan skor penilaian, kritik, dan saran yang diperoleh dari validator. Teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik adalah analisis n-gain hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisika materi kalor pada sub bahasan perpindahan kalor dengan persentase kelayakan sebesar 88,19% dalam kategori sangat layak. (2) peningkatan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh skor n-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses Sains; Kalor
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Anisa Siti Ganjari Anhara
Date Deposited: 11 Oct 2019 06:39
Last Modified: 11 Oct 2019 06:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25327

Actions (login required)

View Item View Item