Rizaliany, Nunik (2019) Penerapan metode Card Sort berbantu peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang akan mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan studi di lapangan metode yang sering digunakan adalah ceramah. Hasil belajar menunjukkan ketuntasan siswa 44%. Sehingga diperlukan penggunaan metode pembelajaran aktif agar hasil belajar meningkat. Salah satu metode pembelajaran aktif adalah metode card sort berbantu peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran, menganalisis penerapan metode card sort, dan mengetahui respon siswa terhadap metode card sort berbantu peta konsep pada materi sistem reproduksi manusia. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimen design tanpa adanya variabel kontrol. Objek penelitian menggunakan satu kelas yaitu XI IPA 5 dengan jumlah 31 siswa yang seluruhnya dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 92% dan keterlaksanaan aktivitas siswa 94% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai n-gain 0,7 termasuk kategori tinggi. Penerapan metode card sort berbantu peta konsep berpengaruh signifikan dengan nilai T hitung 32, 5314, dan respon siswa terhadap metode card sort berbantu peta konsep menunjukkan hasil positif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode card sort berbantu peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Aktif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Adult Education Biology > Statistical Methods of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nunik Nunik Rizaliany |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 03:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 03:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25399 |
Actions (login required)
View Item |