Penerapan metode Card Sort berbantu peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia

Rizaliany, Nunik (2019) Penerapan metode Card Sort berbantu peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan bagian penting dari proses pendidikan yang akan mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan studi di lapangan metode yang sering digunakan adalah ceramah. Hasil belajar menunjukkan ketuntasan siswa 44%. Sehingga diperlukan penggunaan metode pembelajaran aktif agar hasil belajar meningkat. Salah satu metode pembelajaran aktif adalah metode card sort berbantu peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran, menganalisis penerapan metode card sort, dan mengetahui respon siswa terhadap metode card sort berbantu peta konsep pada materi sistem reproduksi manusia. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimen design tanpa adanya variabel kontrol. Objek penelitian menggunakan satu kelas yaitu XI IPA 5 dengan jumlah 31 siswa yang seluruhnya dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 92% dan keterlaksanaan aktivitas siswa 94% yang termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai n-gain 0,7 termasuk kategori tinggi. Penerapan metode card sort berbantu peta konsep berpengaruh signifikan dengan nilai T hitung 32, 5314, dan respon siswa terhadap metode card sort berbantu peta konsep menunjukkan hasil positif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode card sort berbantu peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Aktif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Adult Education
Biology > Statistical Methods of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nunik Nunik Rizaliany
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:39
Last Modified: 24 Oct 2019 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25399

Actions (login required)

View Item View Item