Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan

Manjilatussifa, Fina Tsania (2019) Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran Science Technology and Society (STS) diterapkan agar kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan modelScience Technology and Society (STS), mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran Science Technology and Society (STS), danmendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan satu kelas, yaitu kelas VII E sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 89% dan siswa sebesar 87% dengan menggunakan model STS memiliki kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan perolehan N-Gainsebesar 0,60. Peningkatan perindikator kemampuan berpikir kreatif dilihat dari perolehan N-Gain menunjukan kategori sedang dan tinggi. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model STS memiliki kategori tinggi dengan nilai sebesar 3,99. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science Technology and Society (STS) dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif; Model STS; Pencemaran lingkungan;
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fina Tsania Manjilatussifa
Date Deposited: 24 Oct 2019 08:05
Last Modified: 24 Oct 2019 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item