Manjilatussifa, Fina Tsania (2019) Penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran Science Technology and Society (STS) diterapkan agar kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran dengan menggunakan modelScience Technology and Society (STS), mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model pembelajaran Science Technology and Society (STS), danmendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one-group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan satu kelas, yaitu kelas VII E sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 89% dan siswa sebesar 87% dengan menggunakan model STS memiliki kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan perolehan N-Gainsebesar 0,60. Peningkatan perindikator kemampuan berpikir kreatif dilihat dari perolehan N-Gain menunjukan kategori sedang dan tinggi. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model STS memiliki kategori tinggi dengan nilai sebesar 3,99. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science Technology and Society (STS) dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir kreatif; Model STS; Pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fina Tsania Manjilatussifa |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 08:05 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 08:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25651 |
Actions (login required)
View Item |