Apriliani, Irma (2019) Penggunaan Tracker sebagai video analysis pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan keterampilan proses Sains peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
6_bab3 .pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5 .pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan proses sains peserta didik dinilai sangat rendah, hal ini karena dalam kegiatan pembelajaran pendidik tidak menerapkan inovasi pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk aktif dan bersikap ilmiah layaknya seorang ilmuan. Pendidik lebih sering menggunakan metode pembelajaran berbasis konvensional. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan aplikasi tracker sebagai video analysis untuk kegiatan pembelajaran fisika menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan KPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dan desain one group pretest-posttest design. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tracker. (2) Penerapan aplikasi tracker untuk meningkatkan KPS peserta didik pada materi energi kinetik dan energi potensial di Kelas X MIA SMA IT Dipatiukur. (3) Mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker dalam kegiatan eksperimen di Kelas X MIA SMA IT Dipatiukur. Hasil penelitian diperoleh: (1) keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik, (2) terdapat peningkatan KPS pada peserta didik setelah diberikan treatment dengan menggunakan aplikasi tracker sebagai video analysis pada materi energi kinetik dan energi potensial di kelas X MIA SMA IT Dipatiukur dengan rata-rata kategori “baik” untuk setiap indikator KPS, (2) respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi tracker dalam kegiatan pembelajaran memberikan respon “setuju” jika tracker dapat membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan proses sains; tracker; energi kinetik dan energi potensial. |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Secondary Education Education, Research Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Irma Ir-ir Apriliani |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 08:27 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 08:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25797 |
Actions (login required)
View Item |