Sopianti, Yuli (2019) Penggunaan asesmen penalaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi: Penelitian deskriptif kuantitatif pada siswa Kelas VIII SMPN 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena penilaian yang dilakukan masih berfokus pada penilaian kognitif biasa. Hal ini melatarbelakangi dilakukannya penelitian dengan menggunakan asesmen penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan asesmen penalaran dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem ekskresi. Asesmen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu asesmen penalaran Quellmalz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek yang digunakan merupakan siswa kelas VIII D SMPN 54 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) dapat terlaksana dengan sangat baik. Pembelajaran dengan PBL dianalisis dengan menggunakan asesmen penalaran yang hasilnya dapat digunakan untuk menilai dan menciptakan keterampilan berpikir/bernalar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes penalaran yang telah dilakukan berdasarkan indikator Quellmallz, indikator mengingat (recall) rata-rata persentase 60,93%, analisis (analysis) sebesar 62,5%, perbandingan (comparison) 59,37% dan kesimpulan (inference) 57,18%. Respon siswa terhadap penggunaan asesmen penalaran pada pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan bahwa secara keseluruhan asesmen penalaran dapat diterima dan mampu menciptakan keterampilan berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Penalaran; Problem Based Learning (PBL); Penalaran; Sistem Ekskresi; |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yuli Sopianti |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 04:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 04:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26093 |
Actions (login required)
View Item |