Wulansari, Yeni (2019) Penggunaan asesmen kinerja dalam pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk menilai kreativitas siswa pada materi sistem ekskresi: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Cileunyi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
Abstract
Penilaian yang dilakukan masih berfokus pada penilaian kognitif menggunakan tes tertulis sebagai alat utama, sehingga penggunaan asesmen kinerja menjadi jarang dilakukan. Hal ini yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian mengenai penggunaan asesmen kinerja. Selain itu kreativitas siswa yang belum diperhatikan secara optimal oleh guru mendorong dilakukannya proses asesmen kinerja dalam pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan asesmen kinerja dalam pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk menilai kreativitas siswa pada materi Sistem Ekskresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik secara acak. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri I Cileunyi dan subjek yang digunakan merupakan siswa kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktvitas guru dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terlaksana dengan sangat baik (86,76%). Asesmen kinerja yang digunakan dapat menilai atau mengidentifikasi indikator kreativitas siswa. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan nilai kreativitas siswa pada produk dan proses yang memiliki rata-rata persentase 72,41% dengan kategori expressing. Hasil respon siswa terhadap penggunaan asesmen kinerja dalam Pembelajaran PjBL menunjukkan kategori tinggi dengan persentase 68,25%. Dapat disimpulkan bahwa asesmen kinerja dapat menilai atau mengidentifikasi kreativitas siswa dengan kategori expressing yaitu kreativitas siswa sudah dapat teramati secara konsisten.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen Kinerja; Project Based Learning (PjBL); Kreativitas; Sistem Ekskresi; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yeni Wulansari |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 04:13 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 04:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26117 |
Actions (login required)
View Item |