Penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor: penelitian pre-eksperimental di kelas X TKJ 1 SMKN 1 Cijulang

Alip, Dalilah Nur (2019) Penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor: penelitian pre-eksperimental di kelas X TKJ 1 SMKN 1 Cijulang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan menunjang dunia kerja salah satunya adalah kemampuan dalam pemecahan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan di SMKN 1 Cijulang, nilai rata-rata tes pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor tergolong rendah. Alternatif yang digunakan untuk meningkatkan pemecahan masalah tersebut salah satunya yaitu model Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan pemecahan masalah setelah diterapkan model Blended Learning pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 1 SMKN 1 Cijulang. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling berjumlah 30 orang. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi (LO) dan peningkatan pemecahan masalah diperolah dari tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata setiap pertemuannya pada aktivitas guru dan peserta didik berkategori baik dan sangat baik. Peningkatan pemecahan masalah peserta didik berkategori tinggi berdasarkan nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0,75. Serta uji paired sample t-test dimana thitung (21,55) > ttabel (2,042) menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Blended Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; pemecahan masalah; suhu dan kalor.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Dalilah Nur Alip
Date Deposited: 25 Oct 2019 06:15
Last Modified: 25 Oct 2019 06:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26226

Actions (login required)

View Item View Item