Alip, Dalilah Nur (2019) Penerapan model blended learning untuk meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor: penelitian pre-eksperimental di kelas X TKJ 1 SMKN 1 Cijulang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan diri dari perkembangan ilmu pengetahuan dan menunjang dunia kerja salah satunya adalah kemampuan dalam pemecahan masalah. Berdasarkan studi pendahuluan di SMKN 1 Cijulang, nilai rata-rata tes pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor tergolong rendah. Alternatif yang digunakan untuk meningkatkan pemecahan masalah tersebut salah satunya yaitu model Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan pemecahan masalah setelah diterapkan model Blended Learning pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 1 SMKN 1 Cijulang. Sampel dipilih menggunakan purposive sampling berjumlah 30 orang. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi (LO) dan peningkatan pemecahan masalah diperolah dari tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran rata-rata setiap pertemuannya pada aktivitas guru dan peserta didik berkategori baik dan sangat baik. Peningkatan pemecahan masalah peserta didik berkategori tinggi berdasarkan nilai N-gain yang diperoleh sebesar 0,75. Serta uji paired sample t-test dimana thitung (21,55) > ttabel (2,042) menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Blended Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemecahan masalah peserta didik pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; pemecahan masalah; suhu dan kalor. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Dalilah Nur Alip |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 06:15 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 06:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26226 |
Actions (login required)
View Item |