Ramadhan, Syahrul (2019) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab di luar sekolah: Studi kasus di Kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (346kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bermula dari realita yang terjadi di SMA Mekar Arum Bandung, yang mana sebagian peserta didik wanita yang beragama islam hanya menggunakan jilbab ketika di lingkungan sekolah saja, akan tetapi ketika di luar lingkungan sekolah mereka tidak mengimplementasikan apa yang telah diajarkan di sekolah diantaranya tentang kewajibab menutup aurat, ini karena kurangnya pemahaman para siswi akan pentingnya menutup aurat, akibat keadaan tersebut maka kesadaran dalam menutup aurat ini tentu merupakan permasalahan yang perlu dicari penyelesaian secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran, faktor pendukung dan faktor penghambat, cara guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam memotivasi, dan untuk mengetahui keberhasilan guru PAI dalam melaksanakan perannya memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab di luar sekolah SMA Mekar Arum Bandung. Jilbab dapat diartikan sebagai pakaian luar yang bisa dikenakan seorang perempuan sebagai pelindung agar terhindar dari bahaya yang tidak diinginkan. Bahaya yang dimaksud adalah bahaya alamiah dan bahaya sosiologis. Bahaya alamiah adalah bahaya yang berkaitan dengan kondisi alam, sedangkan bahaya sosiologis adalah bahaya yang disebabkan oleh pakaian yang dikenakan yang dapat menimbulkan perilaku tidak menyenangkan atau tindak kejahatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kerena peneliti menganggap permasalahan yang di teliti cukup kompleks dan dinamis, metode yang digunakan yakni interfiew langsung dengan para narasumber. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan rancangan studi kasus tunggal, yakni suatu penelitian yang mana arah penelitiannya terpusat pada satu kasus atau satu fenomena saja. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara langsung dengan narasumber, observasi di lingkungan sekolah, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI dalam memotivasi dengan menggunakan pendekatan ataupun metode teoritis dalam mewujudkan tujuan yang dikehendaki, pada pelaksanaannya guru PAI memotivasi siswinya untuk menggunakan jilbab di luar sekolah terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Diketahui bahwa guru PAI sangat berperan dalam memotivasi siswi untuk menggunakan jilbab. Adapun hasil dari pengintegrasian tujuan penggunaan jilbab di luar sekolah diantaranya adalah para siswi menjadi lebih mentaati perintah agama, dengan berjilbab para siswi akan berpikir panjang untuk bersifat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama islam, terhindar dari bahaya alamiah dan bahaya sosiologis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Jilbab |
Subjects: | Education Education > Sociology of Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahrul Ramadhan |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 09:09 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 09:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26244 |
Actions (login required)
View Item |