Nurhayati, Nurhayati (2019) Penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi momentum, impuls, dan tumbukan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (567kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum, impuls, dan tumbukan. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dicapai pada abad 21. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran model MEA dengan pembelajaran model konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 25 Bandung. Sampel pada penelitian ini adalah X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui Lembar Observasi (LO), sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh melalui tes yang berbentuk uraian sebanyak lima soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dengan hasil rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 87% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik 80% dengan kategori baik. Adapun peningkatan keterampilan berpikir kritis setelah diterapkannya model MEA dengan peningkatan rata-rata N-gain sebesar 0,74 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Means Ends Analysis; keterampilan berpikir kritis; momentum; impuls; tumbukan; |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurhayati Nurhayati |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 07:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26306 |
Actions (login required)
View Item |