Pengaruh Metode Education Entertainment (Edutainment) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan

Muchlis Ismatullah, Muchlis (1210206063) (2014) Pengaruh Metode Education Entertainment (Edutainment) terhadap Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)

Abstract

Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya bergantung pada kemampuan seorang guru dalam memilih metode pembelajaran yang digunakan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode edutainment pada materi pencemaran lingkungan yang dapat memberikan suasana baru dalam proses pembelajaran karena selarasnya pendidikan dan hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan metode edutainment pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen, desain penelitiannya nonequivalent control group design, jumlah populasi tujuh kelas, penarikan sampelnya purposive sample, sampel yang diambil sebanyak dua kelas yang masing-masing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes (pretest dan postest) dan nontes (angket dan lembar observasi). Pengolahan data dilakukan dengan analisis nonparametik yaitu uji mann-whitney. Hasil penelitian membuktikan penguasaan konsep siswa pada kelas yang menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 46,74 dan postest sebesar 84,94, sedangkan penguasaan konsep siswa pada kelas tanpa menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 45,09 dan postest sebesar 71,34. Hasil uji mann-whitney postest didapat nilai Zhitung = 4,65 > Ztabel = 1,96 pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,39%, sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran tanpa menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,08%. Keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas yang menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,58%, sedangkan keterlaksanaan proses pembelajaran pada kelas tanpa menggunakan metode edutainment diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,50%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode education-entertainment (edutainment) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh metode edutainment, penguasaan konsep, pencemaran lingkungan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:38
Last Modified: 13 Feb 2017 04:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2651

Actions (login required)

View Item View Item