Perbandingan Penggunaan LKS Teks dan LKS Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Keselamatan Kerja (Penelitian Quasi Eksperimen Siswa Kelas VII di MTs. AL-JIHADIYAH Kab. Bekasi)

Putri Komalasari, Putri (1210206075) (2014) Perbandingan Penggunaan LKS Teks dan LKS Gambar terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Keselamatan Kerja (Penelitian Quasi Eksperimen Siswa Kelas VII di MTs. AL-JIHADIYAH Kab. Bekasi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pembelajaran biologi untuk mengarahkan dan mendorong siswa belajar secara aktif untuk menumbuhkan kemampuan atau keterampilan proses sains siswa. Kemampuan ini merupakan komponen penting sebagai wujud pengembangan kemampuan kognitif, intelektual, manual dan sosial. Keterampilan proses sains siswa perlu dikembangkan sejak dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan LKS Teks dan LKS Gambar sebagai bahan ajar atau alat evaluasi (penilaian) pada materi keselamatan kerja. Selain itu juga ingin dilihat bagaimana keterampilan proses sains siswa dengan metode demonstrasi. Dalam melaksanakan penelitian menggunakan metode Quasi Experiment Design. Populasinya adalah siswa kelas VII MTs. AL-JIHADIYAH yang berjumlah 4 kelas. Sampel yang diambil adalah kelas VII-A sebagai kelas eksperimen I (LKS Teks) dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen II (LKS Gambar). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian atau essay sebanyak 10 soal, kemudian dianalisis dengan mengggunakan uji t. Data hasil penelitian tersebut, dengan taraf signifikan 5%, diketahui nilai persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 89% dan siswa 91% dengan (kategori sangat baik) dan rata-rata postest sebesar 68,1 (kategori sedang) dengan nilai N-gain sebesar 0,48 dengan (kategori sedang) dan nilai rata-rata respon sikap siswa sebesar 2,90 (kategori sedang) pada kelas eksperimen I, sedangkan pada kelas eksperimen II, nilai persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru 92% dan siswa 97% dengan (kategori sangat baik) dan nilai rata-rata postest sebesar 80,6 (kategori tinggi) dengan N-gain sebesar 0,58 (kategori sedang) dan nilai rata-rata respon sikap siswa sebesar 3,40 dengan (kategori sedang). Hasil uji t, thitung (4,982) > ttabel (2,042), Ha diterima. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang menggunakan LKS Teks dan LKS Gambar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan LKS Gambar lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan LKS Teks pada materi keselamatan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, LKS Teks, LKS Gambar, Keterampilan Proses Sains Siswa, Keselamatan Kerja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 01:53
Last Modified: 13 Feb 2017 04:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2652

Actions (login required)

View Item View Item