Penerapan model pembelajaran Kooperatif Listening Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem Ekskresi: Penelitian tindakan kelas di Kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin

Sholihat, Rini (2013) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Listening Team untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem Ekskresi: Penelitian tindakan kelas di Kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil tes ulangan harian siswa pada pokok bahasan sistem ekskresi yaitu 60. Rata-rata nilai tersebut masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif listening team. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran listening team dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus, dan mengetahui motivasi belajar siswa di kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin melalui penerapan model pembelajaran kooperatif listening team pada materi sistem ekskresi. Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran listening team, dan lembar angket motivasi siswa. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) persentase keterlaksanaan model pembelajaran yang diperoleh dari jumlah jawaban Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) persentase motivasi belajar siswa dan 3) peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari N-gain hasil pretest dan posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif listening team. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model pembelajaran listening team pada materi sistem ekskresi manusia berkategori sangat baik, 2) hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia setiap siklus mengalami peningkatan di atas nilai KKM yaitu 70, setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif listening team. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 80,00 dengan peningkatan hasil belajar N-gain sebesar 0,66 (sedang). Hasil belajar siswa pada siklus II adalah 81,21 dengan peningkatan hasil belajar N-gain sebesar 0,72 (tinggi). Hasil belajar siswa pada siklus III adalah 85,15 dengan peningkatan hasil belajar N-gain sebesar 0,77 (tinggi). Hal ini menunjukka adanya peningkatan dari siklus I, II, dan III, 3) motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif listening team pada materi sistem ekskresi manusia dengan nilai rata-rata 85 % katagori sangat tinggi. Penerapan model pembelajaraan kooperatif listening team dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap terfokus dan siap siaga dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Lisnening Team; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:43
Last Modified: 22 Jul 2019 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item