Mutmainnah, Ulfah Nurul (2019) Pembuatan multimedia interaktif berorientasi Literasi Sains pada konsep materi dan perubahannya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan setiap tahap pembuatan serta analisis hasil uji validasi dan kelayakan multimedia interaktif berorientasi literasi sains pada konsep pada konsep materi dan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan tahapan; 1) Tahap analysis meliputi proses pengumpulan data berupa analisis konsep, peta konsep, dan analisis KD dan IPK; 2) Tahap design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard; 3) Tahap development meliputi proses pembuatan produk, uji validasi serta uji kelayakan pada aspek penyajian materi dan tampilan. Produk yang dihasilkan disajikan dalam bentuk gambar, teks, video, animasi, dan audio yang menggambarkan komponen literasi sains yaitu aspek konten, konteks, proses dan sikap sains. Validasi produk dilakukan oleh tiga ahli melalui angket uji validasi. Hasil uji validasi menghasilkan nilai rata – rata dalam bentuk rhitung sebesar 0,8-0,9. Nilai kelayakan tersebut dibandingkan dengan nilai rkritis yang ditetapkan yaitu 0,3 sehingga produk dinyatakan valid. Produk telah melalui tahap perbaikan berdasarkan saran validator selama proses pembuatan. Selanjutnya dilakukan uji kelayakan oleh responden terbatas melalui angket uji kelayakan. Presentase kelayakan dihitung menggunakan skala guttman sehingga diperoleh presentase rata–rata sebesar 88,67-92,67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif berorientasi literasi sains pada konsep materi dan perubahannya layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif; Literasi Sains; materi dan perubahannya; |
Subjects: | Inorganic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ulfah Nurul Mutmainnah |
Date Deposited: | 31 Oct 2019 04:14 |
Last Modified: | 31 Oct 2019 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26597 |
Actions (login required)
View Item |