Model Pembelajaran Baca, Diskusi, Lihat, Lakukan (Bakulikan) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis

Ghina Marátul Fitriana, Ghina (1210 207 042) (2014) Model Pembelajaran Baca, Diskusi, Lihat, Lakukan (Bakulikan) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (846kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu dikuasai siswa karena dapat digunakan untuk membantu siswa dalam pengambilan keputusan yang bijaksana dalam kehidupan sehari-hari. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Rajagaluh, pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan berpusat pada guru, sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Hal tersebut terlihat dari hasil tes pendahuluan yang menunjukkan nilai rata-rata yang masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Bakulikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor dengan diterapkannya model pembelajaran Bakulikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA-1 SMAN 1 Rajagaluh Majalengka dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes uraian pada ranah kognitif, lembar observasi pada ranah psikomotor dan angket pada ranah afektif. Hasil penelitian selama tiga kali pertemuan menunjukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa setiap pertemuannya dengan rata-rata 89,60% yang termasuk pada ketegori sangat baik. Selain itu terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis ranah kognitif dengan peningkatan sebesar 0,50 yang termasuk pada kategori sedang, keterampilan berpikir kritis ranah psikomotor terkategori sangat baik dengan rata-rata persentase 86,11% dan terkategori baik pada ranah afektif dengan rata-rata skor 3,07. Dengan demikian model pembelajaran Bakulikan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bakulikan, keterampilan berpikir kritis, fluida statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 01:28
Last Modified: 31 Jan 2017 09:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item