Pemanfaatan software casyopee dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Bandung

Fitri, Anisa Nur (2019) Pemanfaatan software casyopee dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan software Casyopee menjadi salah satu alternatif pemanfaatan dalam pesatnya perkembangan teknologi Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap penggunaan software Casyopee dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMPN 01 Cileunyi kelas VII-B dan VIII-E pada materi garis singgung lingkaran. Berdasarkan Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis; (b) Hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan software Casyopee dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan model pembelajaran dalam pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan software Casyopee sebagian besar siswa memberikan respon positif. Hal itu menyimpulkan bahwa software Casyopee efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Software Casyopee; Kemampuan Penalaran Matematis;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Anisa Nur Fitri
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:21
Last Modified: 03 Jan 2020 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item