Penerapan format Science Writting Heuristic (SWH) untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sains pada Materi Laju Reaksi

Haris Gozali, Haris (1210208043) (2014) Penerapan format Science Writting Heuristic (SWH) untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Sains pada Materi Laju Reaksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Kegiatan praktikum selain dapat mengembangkan keterampilan proses sains juga dapat mengembangkan sikap sains. Berdasarkan studi pendahuluan, praktikum masih dilaksanakan dengan metode ekspositori dan peserta didik masih kesulitan memahami materi laju reaksi yang bersifat abstrak. Penerapan format SWH merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap sains yang melibatkan peserta didik secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pada praktikum laju reaksi, menganalisis keterampian proses sains dan sikap sains mahasiswa pada setiap tahap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas dan subjek penelitian mahasiswa program studi pendidikan kimia tingkat I semester II UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebanyak 24 orang. Instrumen penelitian terdiri dari deskripsi pembelajaran, lembar kerja mahasiswa (LKM), format observasi keterlaksanaan, rubrik penilaian keterampilan proses sains, dan sikap sains. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data, format SWH dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapannya dan terlaksana dengan persentase rata-rata 88,5 %. Keterampilan proses sains yang dikembangkan yaitu : merancang penyelidikan memperoleh kategori sangat baik dengan nilai 87,50, merencanakan praktikum, mengamati, membuat hipotesis dan menafsirkan mendapat kategori baik dengan perolehan nilai berturut-turut yaitu, 78,21, 79,17, 76,25, dan 79,17, sedangkan membuat hipotesis sementara dan menerapkan konsep memperoleh kategori cukup dengan nilai berturut-turut yaitu, 61,25, dan 68,33. Sikap sains yang dikembangkan pada setiap tahap format SWH memperoleh hasil dengan kategori sangat baik, teliti, rasa ingin tahu, berpikir logis, disiplin, bekerjasama, dan mandiri pada tahap refleksi memperoleh kategori sangat baik dengan perolehan nilai berturut-turut yaitu, 86,67, 90,00, 85,83 93,33, 90,83, 81,67, dan 90,83.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Praktikum Laju Reaksi, SWH, Keterampilan Proses Sains, Sikap Sains
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2017 00:55
Last Modified: 31 Jan 2017 10:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item