Eki Septiana, Eki (1210205025) (2015) Penerapan Model Pembelajaran JUCAMA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif Matematika Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 17 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3_bab1.pdf Download (719kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
4_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text (BAB III)
5_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah selama ini lebih menekankan kemampuan untuk menyelesaikan soal aplikasi rumus tanpa mengetahui cara pengembangan rumus dan kegunaan matematika dalam kehidupan yang termasuk kedalam kemampuan berpikir kreatif matematika. Untuk itu perlu diadakan perubahan dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Salah satu model yang diasumsikan tepat adalah model JUCAMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) gambaran aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan model pembelajaran JUCAMA, (b) kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran JUCAMA setiap siklusnya, (c) kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang telah memperoleh pembelajaran model JUCAMA di akhir siklus, (d) sikap siswa setelah diterapkannya model pembelajaran JUCAMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas VII SMPN 17 Bandung dengan pokok bahasan Perbandingan. Sampel penelitian ini terdiri dari 36 orang. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa dan guru yang terintegrasi menggunakan model pembelajaran JUCAMA pada kelas VII mengalami peningkatan di setiap pertemuan dan rata-rata keterlaksanaan pada setiap pertemuan termasuk ke dalam kriteria keterlaksanaan baik, (b) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa pada siklus I sebesar 71,08 dengan kriteria cukup baik dan siklus II sebesar 75,91 dengan kriteria baik, (c) rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran JUCAMA sebesar 78,47 dengan kriteria baik, (d) siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran JUCAMA. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata sikap siswa untuk setiap indikator selalu lebih besar dari pada sikap netral.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran JUCAMA, Berpikir Kreatif, Matematika Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2017 01:04 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 09:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2672 |
Actions (login required)
View Item |