Tawwab, Afany (2019) Penggunaan software Winplot dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: Penelitian kuasi eksperimen pada Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi dan kemampuan penalaran matematis siswa yang perlu ditingkatkan. Pembelajaran menggunakan software Winplot menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap penggunaan software Winplot dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Kota Bandung kelas X-AP 2 dan X-AP 3 menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis; (b) Hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan software Winplot dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan tidak terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan model pembelajaran dalam pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan software Winplot sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian, software Winplot efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software Winplot; Kemampuan Penalaran Matematis; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Applied mathematics Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Afany Tawwab |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 06:41 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 06:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26768 |
Actions (login required)
View Item |