Herawati, Listya (2019) Implementasi model quantum learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VIII di SMPN 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 54 Bandung. Salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu dengan menerapkan model Quantum Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh model Quantum Learning dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, (b) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh model Quantum Learning dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang memperoleh model Quantum Learning. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar skala sikap siswa terhadap model Quantum Learning. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh model Quantum Learning dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, (b) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang memperoleh model Quantum Learning dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, dan (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang memperoleh model Quantum Learning memberikan respon yang baik atau positif. Pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Learning menjadikan siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan mereka sendiri, dan menyajikan permasalahan matematika yang didasarkan pada situasi kehidupan sehari-hari siswa sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Learning; Pemecahan Masalah Matematis; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Listya Herawati |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 07:43 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26793 |
Actions (login required)
View Item |