Respon Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Moving Class Hubungannya dengan Minat Belajar Mereka pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian di Kelas X SMK Negeri 7 Bandung)

Deti Muflihat, Deti (1210 202 039) (2014) Respon Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Moving Class Hubungannya dengan Minat Belajar Mereka pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian di Kelas X SMK Negeri 7 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Moving Class sangat tinggi, tetapi di samping itu minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI masih rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan antara tingginya respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Moving Class dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan penulis menganggap hal ini merupakan salah satu masalah yang patut untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Moving Class; 2) realitas minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI; 3) realitas hubungan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Moving Class dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritis bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah respon siswa terhadap pelakasanaan pembelajaran Moving Class. Dari asumsi teoritis tersebut diajukan hipotesis bahwa semakin tinggi respon belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran Moving Class maka semakin tinggi pula minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, angket, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 47 siswa. Analisis datanya dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kua litatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis, diketahui bahwa realitas respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Moving Class (X) sebesar 4,13 termasuk pada kategori positif karena berada pada interval 3,50 – 4,50. Adapun realitas minat belajar mereka pada mmata pelajaran PAI (Y) sebesar 4,11 termasuk pada kategori sangat baik karena berada pada kualifikasi 3,50 – 4,50. Realitas hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,71, yakni termasuk pada kategori korelasi tinggi, karena berada pada interval 0,61 – 0,80. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikasi 5% menunjukkan thitung = 6,7 > ttabel = 1,68. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara Variabel X dengan Variabl Y. kemudian kadar pengaruh Variabel X dengan Variabel Y sebesar 50,41%. Ini berarti masih ada faktor lain sebesar 49,59% yang mempengaruhi minat belajar mereka (Variabel Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Moving Class, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2017 04:34
Last Modified: 01 Apr 2017 04:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item