Penggunaan metode Bermain Peti menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Arab: Penelitian quasi eksperimen di kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung

Dayyani, Andhika Asri (2019) Penggunaan metode Bermain Peti menulis untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Arab: Penelitian quasi eksperimen di kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu bagian dari empat keterampilan berbahasa yang mesti dikuasai oleh siswa. Namun pada kenyataannya keterampilan menulis pada peserta didik masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena keterampilan menulis tidak mendapat perhatian khusus dalam proses pembelajaran serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) bagaimana keterampilan menulis siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung sebelum diterapkan metode bermain peti menulis, 2) bagaimana penerapan metode bermain peti menulis pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung, 3) bagaimana keterampilan menulis siswa di kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung setelah diterapkan metode bermain peti menulis. Penggunaan metode bermain peti menulis pada kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil keterampilan menulis siswa berbeda dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode bermain peti menulis. Sehingga terdapat perbedaan hasil keterampilan menulis antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di MI Negeri 2 Kota Bandung. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok yaitu siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 dan V C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) keterampilan menulis siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung sebelum diterapkan metode bermain peti menulis termasuk pada kategori rendah dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 28,78 dan kelas kontrol sebesar 22,74, 2) penerapan metode bermain peti menulis pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung termasuk pada kategori sangat baik untuk aktivitas guru dengan persentase 88%, sedangkan untuk aktivitas siswa termasuk pada kategori baik dengan persentase 82%, 3) peningkatan keterampilan menulis siswa kelas V MI Negeri 2 Kota Bandung setelah diterapkan metode bermain peti menulis termasuk kategori tinggi dengan rata-rata N-gain sebesar 0,70 sedangkan peningkatan keterampilan menulis di kelas kontrol yang tidak menggunakan metode bermain peti menulis diperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,56 termasuk kategori sedang. Perolehan rata-rata N-gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dinyatakan bahwa kelas eksperimen yang menerapkan metode bermain peti menulis lebih unggul dari kelas kontrol. Berdasarkan uji t’ (t aksen) diperoleh hasil bahwa pada data pretest terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada data posttest berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Metode Pembelajaran; Metode Bermain Peti Menulis; Pembelajaran Bahasa Arab; Menulis Karangan
Subjects: Education, Research
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: andhika asri
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:33
Last Modified: 06 Nov 2019 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26874

Actions (login required)

View Item View Item