Sutisna, Desy Sri Mulia (2019) Penerapan Model Task-Based Learning (TBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Momentum dan Impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
Abstract
Abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan dalam berpikir kritis agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model Task-Based Learning (TBL) pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one group pretest and posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Compreng Subang yang berjumlah 30 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi dan data peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan aktivitas guru yaitu 86% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik yaitu 82% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan nilai N-gain sebesar 0,68 menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik berkategori sedang. Serta berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh t_hitung=28,37 lebih besar dari t_tabel=2,04 〖(t〗_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Task-Based Learning (TBL) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi momentum dan impuls.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Task Based Learning (TBL); Keterampilan Berpikir Kritis; Momentum dan Impuls |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Desy Sri Mulia |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 08:03 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27028 |
Actions (login required)
View Item |