Ridho, M Rosyid (2019) Layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat baca buku remaja. Diploma thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
COVER SKRIPSI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
daftar isi.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Membaca buku salah satu kemampuan berbahasa yang harus dimiliki atau dikuasai Peserta didik. Keterampilan ini jika dikuasai dengan baik akan mempersiapkan peserta didik untuk terlatih berpikir secara selaras, mengakses gagasan dengan baik, serta memahami atau menguasai logika dengan tepat dan matang. Terlebih saat ini telah terjadi perubahan mendasar yang membutuhkan kemampuan manusia untuk mengakses informasi secara efektif. Kemampuan untuk mengakses informasi tersebut tidak bisa dipisahkan dari kemampuan membaca, terlebih untuk era teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat baca buku, mengetahui Proses layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat baca buku remaja di rumah yatim dhuafa ar-rifqi, mengetahui faktor penghambat dan pendukung layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat baca buku remaja di rumah yatim dhuafa ar-rifqi, serta untuk mengetahu keberhasilan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat baca buku remaja di rumah yatim dhuafa ar-rifqi. Dewa Ketut Sukarti bimbingan (2008: 78), bimbingan kelompok adalah layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan sejumlah peserta didik (konseli) secara bersama-sama melalui dinamika kelompok yang memperoleh berbagai bahan dari narasumber tertentu. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengen pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode observasi, data dari informan, meredupsi data sesuai dengan kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab subuah tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok, untuk meningkatkan minat baca buku remaja mengalami perubahan yang signifikan, remaja dapat menunjukan perubahan dan prilakunya sebagai berikut: pertama, memiliki pengetahuan dan informasi kedua, memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan minat membaca buku. dan Ketiga, memiliki kreatifitas dan kualitas diri remaja, sehingga remaja mampu menggunakan waktu yang kosong untuk membaca buku. Dalam hal ini remaja mampu mempergunakan waktu dengan baik dan dengan hal-hal yang positif seperti membaca buku, dan remaja mampu menumbuhkan pengetahuan dan informasi, serta meningkatkan motivasi dalam belajar, dan menubuhkan kualitas diri pada remaja sehingga remaja mampu menumbuhkan kreatifitas dalam hal-hal yang positif. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Minat Baca, Remaja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan bimbingan kelompok; minat baca; remaja |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | m. rosyid ridho |
Date Deposited: | 07 Nov 2019 08:00 |
Last Modified: | 07 Nov 2019 08:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27030 |
Actions (login required)
View Item |