Penerapan model pembelajaran take and give untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di MI PUI Tembong

Umpitasari, Citra (2019) Penerapan model pembelajaran take and give untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika Kelas V di MI PUI Tembong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Hasil studi pendahuluan melalui tes kepada siswa kelas V MI PUI Tembong menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa sangat rendah. Hal ini karena dalam proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif hanya mendengarkan penyampaian materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI PUI Tembong sebelum menggunakan model pembelajaran take and give, (2) gambaran proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran take and give untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas V MI PUI Tembong, dan (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI PUI Tembong pada setiap siklus dengan menggunakan model pembelajaran take and give. Model pembelajaran take and give dan komunikasi matematis yaitu model take and give pembelajaran yang mengajak siswa untuk berbagi informasi kepada temannya dimana terjadi peralihan pesan. Di dalam peralihan pesan tersebut, ada teman yang tugasnya menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik, dan aljabar kepada teman yang lainnya. Hal ini berarti terjadi komunikasi matematis di dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran take and give. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data sebagai berikut: (1)kemampuan Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas V MI PUI Tembong pada prasiklus rata-rata kemampuan komunikasi matematis yaitu 42, (2) penerapan model pembelajaran model take and give berjalan dengan baik di setiap siklusnya. Hal tersebut didasarkan pada hasil lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas seluruh siswa. Lembar observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh sebesar 84% dan siklus II 96%. Persentase menunjukan bahwa guru sudah menerapkan model pembelajaran take and give dengan baik. Sedangkan rata-rata aktivitas seluruh siswa pada siklus I sebesar 73% dan siklus II 95%, dan (3) kemampuan komunikasi dengan menggunakan model pembelajaran take and give mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada siklus I yaitu sebesar 60 dengan kriteria cukup sedangkan pada siklus II 76 dengan kriteria baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka terjadi peningkatan dari siklus I yang sebelumnya 60 pada siklus II 76. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran take and give berpengaruh pada komunikasi matematis siswa. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada akhir siklus yaitu 67 dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Take and Give; Komunikasi Matematis
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: citra umpitasari
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:49
Last Modified: 08 Nov 2019 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27031

Actions (login required)

View Item View Item