Penggunaan media film pendek bertema perbandingan trigonometri untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik: Penelitian tindakan kelas di kelas X MIA MA Muhammadiyah Tanjungsari

Yulisa, Dina Kartina (2018) Penggunaan media film pendek bertema perbandingan trigonometri untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik: Penelitian tindakan kelas di kelas X MIA MA Muhammadiyah Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (837kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Dina Kartina Yulisa, “Penggunaan Media Film Pendek Bertema Perbandingan ‎Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ‎Peserta Didik” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MIA MA Muhammadiyah ‎Tanjungsari)‎ Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (a) ‎Mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika menggunakan media film ‎pendek bertema perbandingan trigonometri; (b) Mengetahui kemampuan pemahaman ‎konsep matematis peserta didik pada setiap siklus yang menggunakan media film ‎pendek bertema perbandingan trigonometri; (c) Mengetahui kemampuan pemahaman ‎konsep matematis peserta didik setelah mengikuti seluruh siklus yang menggunakan ‎media film pendek bertema perbandingan trigonometri; dan (d) Mengetahui sikap ‎peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan media film ‎pendek bertema perbandingan trigonometri. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data ‎kuantitatif berupa tes setiap siklus, tes akhir seluruh siklus, dan data kualitatif berupa ‎lembar observasi aktivitas pesereta didik dan guru, angket skala Likert, dokumentasi, ‎dan catatan lapangan pribadi. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapat hasil: ‎‎(a) Aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya ‎menjadi sangat baik. (b) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta ‎didik pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 71 dengan ‎kategori cukup, meningkat menjadi 76.25 dengan kategori baik, dan pada siklus III ‎menjadi 78.3. (c) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ‎setelah mengikuti pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori baik yaitu sebesar 80. ‎‎(d) Sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan ‎media film pendek bertema perbandingan trigonometri menunjukkan respon positif ‎pada setiap aspeknya.‎

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Film Pendek; Pemahaman Konsep Matematika‎
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Dina Kartina Yulisa
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:52
Last Modified: 08 Nov 2019 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27037

Actions (login required)

View Item View Item