Yulisa, Dina Kartina (2018) Penggunaan media film pendek bertema perbandingan trigonometri untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik: Penelitian tindakan kelas di kelas X MIA MA Muhammadiyah Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (837kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Dina Kartina Yulisa, “Penggunaan Media Film Pendek Bertema Perbandingan Trigonometri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X MIA MA Muhammadiyah Tanjungsari) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk: (a) Mengetahui gambaran proses pembelajaran matematika menggunakan media film pendek bertema perbandingan trigonometri; (b) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada setiap siklus yang menggunakan media film pendek bertema perbandingan trigonometri; (c) Mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah mengikuti seluruh siklus yang menggunakan media film pendek bertema perbandingan trigonometri; dan (d) Mengetahui sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan media film pendek bertema perbandingan trigonometri. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa tes setiap siklus, tes akhir seluruh siklus, dan data kualitatif berupa lembar observasi aktivitas pesereta didik dan guru, angket skala Likert, dokumentasi, dan catatan lapangan pribadi. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapat hasil: (a) Aktivitas guru dan peserta didik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya menjadi sangat baik. (b) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 71 dengan kategori cukup, meningkat menjadi 76.25 dengan kategori baik, dan pada siklus III menjadi 78.3. (c) Rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah mengikuti pembelajaran seluruh siklus memiliki kategori baik yaitu sebesar 80. (d) Sikap peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media film pendek bertema perbandingan trigonometri menunjukkan respon positif pada setiap aspeknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Film Pendek; Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dina Kartina Yulisa |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 06:52 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 06:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27037 |
Actions (login required)
View Item |